4 Tindakan Ibu redakan masuk angin plus muntah pada anak

Masdinko.com-Sebagian para ibu mungkin pernah mengalami saat anaknya mengalami masuk angin yang disertai muntah. Biasanya terjadi saat daya tahan tubuh anak menurun dan pola makan yang kurang baik.

Istilah masuk angin sendiri secara medis memang tidak dikenal sebagai penyakit, namun di masyarakat Indonesia istilah masuk angin dianggap sebagai penyakit.

Medis menyebut masuk angin sebagai malaise, yaitu kondisi dimana tubuh dalam kondisi tidak fit dan menurunnya daya tahan tubuh, sehingga rentan dan beresiko terhadap masuknya virus dan bakteri. 

Masyarakat Indonesia menyebut masuk angin apabila seseorang mengalami mual, perut kembung, demam, nyeri oto, nafsu makan menurun, sering buang angin (kentut), meriang, pilek dan lemas.

Lalu apa yang harus dilakukan ibu saat anak masuk angin plus muntah ? yang terpenting adalah ibu tidak panik dan tetap tenang. Apabila anak mengalami masuk angin plus muntah, menandakan adanya gangguan pada pencernaan.


Penyebabnya bisa bermacam-macam, diantaranya pola makan yang tidak baik, keracunan makanan, infeksi bakteri ataupun virus, stres atau alergi terhadap makanan tertentu.

Ketahui terlebih dahulu pola makan si kecil, apakah sebelumnya sudah makan atau belum, atau makanan apa yang dikonsumsi yang mengakibatkan muntah atau aktivitas sebelumnya seperti kehujanan, makan/minuman dingin, atau terpapar udara luar.

Apabila ini merupakan keluhan ringan saja, masuk angin dapat diredakan dan diobati dengan bahan alami yang ada di rumah. Ibu bisa lakukan hal-hal berikut untuk si kecil

1. Menghangatkan Tubuh


Apabila si kecil terpapar udara luar yang dingin, atau habis kehujanan, bisa coba lakukan tindakan menghangatkan tubuh si kecil. Caranya dengan memperbanyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi, terutama dengan keluhan muntah dan diare.

Selain itu bisa tambahkan dengan mengoleskan minyak kayu putih untuk menghangatkan tubuh si kecil.

2. Bawang Merah


Bawah merah sudah lama dijadikan obat alami untuk mengatasi masuk angin pada anak. Bawang merah bisa digabungkan dengan minyak kayu putih dan dioleskan pada bagian punggung, dada dan perut.

Caranya sederhana, bawang merah digeprek kemudian dicampur minyak kayu putih, kemudian oleskan pada tubuh anak. Mudah bukan ?

3. Minuman Jahe


Jahe memang memiliki segudang khasiat selain bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, juga dapat meredam dan mengatasi masuk angin seperti pusing, mual, muntah batuk, pilek dan lainnya.

Cara mengkonsumsi bisa dengan mengunyah potongan jahe, kalaupun si kecil tidak mau dapat dibuat menjadi minuman. Minuman teh dicampur dengan jahe ataupun jahe direbus bersama dengan gula merah.

4. Herbal Minyak Herba Sinergi (MHS)


Minyak Herba Sinergi (MHS) yang diproduksi HPAI bisa menjadi pilihan ibu yang praktis. Minyak MHS memiliki bermacam khasiat salah satunya yaitu meredakan dan mengatasi gejala yang biasa disebut masuk angin tadi.

Caranya pun mudah hanya dengan membalurnya ke punggung, dada, dan perut anak, dan kemudian perbanyak istirahat. Kandungan alami yang terdapat pada minyak MHS yaitu kencur, kayu putih, minyak kelapa, cengkeh, brotowali dan lainnya.


Minyak MHS atau dikenal juga dengan minyak but but atau minyak bubut dapat diperoleh di Halal Mart terdekat di kota anda.


Demikian beberapa tindakan yang dilakukan ibu saat anak mengalami masuk angin plus muntah yang ringan. Apabila dianggap berat, sebaiknya segera dibawa ke dokter atau fasilitas kesehatan terdekat. Semoga bermanfaat.  

Post a Comment for "4 Tindakan Ibu redakan masuk angin plus muntah pada anak"