Cara mudah mengisi Sensus Penduduk Online tahun 2020


Masdinko.com- Sensus penduduk di Indonesia dilakukan secara periodik setiap 10 tahun sekali. Sensus penduduk bertujuan untuk menghitung jumlah penduduk secara periodik, dan juga mengetahui informasi fakta lainnya seperti jenis kelamin, usia, bahasa, dan lainnya yang dianggap perlu.

Pada 10 tahun yang lalu, Masdinko pernah mengalami proses sensus penduduk pada tahun 2010, saat itu sensus dilakukan secara manual,dengan ditulis oleh petugas sensus. Pada sensus penduduk tahun 2020, sensus penduduk dilakukan dalam 2 tahap yaitu sensus penduduk online yang dilaksanakan pada 15 Februari-31 Maret 2020 melalui website Badan Pusat Statistik (BPS) dan tahap sensus penduduk wawancara (SP Wawancara) yang dilaksanakan pada tanggal 1-31 Juli 2020.

Sensus penduduk online tahun 2020 lebih praktis dan mudah serta diisi sendiri oleh pribadi yang bersangkutan. Sensus penduduk online melalui website BPS dan hanya tinggal mencentang dan sedikit mengisi formulir yang telah disediakan.



Dokumen yang harus dipersiapkan untuk mengisi sensus penduduk online 2020 yaitu kartu keluarga /KTP/ Dokumen perceraian, dan surat keterangan kematian (sesuai kebutuhan). Cara mengisi sensus penduduk online 2020 sangat mudah, disajikan dengan menu yang mudah dipahami oleh pengguna dan dapat juga menggunakan smartphone untuk mengisinya. 

Cara mudah mengisi sensus penduduk online tahun 2020 coba masdinko uraikan di bawah ini berdasarkan pengalaman sendiri. Silahkan disimak.

  1. Sebelum mulai mengisi sensus penduduk online persiapkan dulu dokumen Kartu Keluarga (KK) dan Buku Nikah (kalau ada) dan dokumen lain yang dibutuhkan
  2. Kemudian melakukan sensus penduduk online di alamat website BPS yaitu : https://www.bps.go.id/sp2020/
  3. Kemudian pilih menu "Menuju SP Online" atau melalui link : https://sensus.bps.go.id/login
  4. Masukan NIK dan Nomor KK pada menu login, kemudian ketikan kode captcha (6 digit) yang tampil di dekat menu login dan klik Cek Keberadaan.



  5. Kemudian membuat password. Buat password yang mudah diingat, kemudian Ulangi password dan pilih pertanyaan keamanan, misal pilih "Apa nama hewan peliharaan". Masukan jawaban dari pertanyaan keamanan "kucing" (contohnya)

  6. Klik "Mulai Mengisi" 

  7. Pada saat mengisi formulir yang ditampilkan di layar, anda isi dengan data yang sebenarnya mengenai hal-hal yang harus diisi di formulir tersebut. Data dimulai dari diri sendiri dan kemudian berlanjut pada mengisi data dari anggota keluarga yang ada pada nomor Kartu Keluarga (KK) tersebut. Isi semua formulir tersebut. Apabila ingin berhenti sementara, anda dapat mengklik Simpan Sementara, dan kemudian bisa melanjutkan mengisi formulir sensus penduduk online 2020.

Formulir selanjutnya,  mengisikan data-data dari anggota keluarga yang ada pada Kartu Keluarga, isiannya hampir sama, yaitu data kelahiran, pendidikan, pekerjaan, sekolah  dan lain-lain. Sebaiknya persiapkan data dari anggota keluarga sebelum mengisinya, apabila anda tidak hapal. Setelah pengisian formulir sensus penduduk 2020 dinyatakan selesai, anda akan menerima konfirmasi seperti di bawah ini :

Selamat anda telah berhasil dan selesai melaksanakan sensus penduduk online tahun 2020. Data personil pada Kartu Keluarga anda telah diupdate semua. Sedikit tips, agar dapat mengisi formulir sensus penduduk online 2020 dengan tenang karena yang diisi lumayan banyak, tentukan waktu yang tepat, agar dapat mengisi dengan tenang dan tidak terburu-buru. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.                                                  

Post a Comment for "Cara mudah mengisi Sensus Penduduk Online tahun 2020 "