Resmi Dibuka Pengumuman CPNS 2018 dan Pendaftaran CPNS 2018

Resmi Dibuka Pengumuman CPNS 2018 dan Pendaftaran CPNS 2018

Resmi Dibuka Pengumuman CPNS 2018 dan Pendaftaran CPNS 2018

pengumuman resmi cpns 2018
Pengumuman CPNS 2018 diumumkan pada tanggal 19 September 2018. Ya itulah salah satu informasi yang banyak dishare pengguna media sosial dan media online saat ini. Meskipun belum ada pengumuman secara resmi dari BKN dan juga Kemenpan-RB, namun setidaknya informasi ini menjadi sinyal bagi peminat lowongan kerja CPNS untuk bersiap-siap mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan dalam proses pendaftaran CPNS 2018. Pendaftaran CPNS 2018 dipastikan akan mengikuti format sebelumnya namun pada tahun ini akan dilakukan secara integratif dan terpusat dari mulai proses pengumuman lowongan CPNS, pendaftaran CPNS, pembuatan soal-soal seleksi (SKD dan SKB) dan pengumuman kelulusan CPNS. untuk lokasi penyelenggaraan seleksi memang dilakukan di daerah yaitu di kantor perwakilan BKN yang ada di daerah.

Baca juga : Simak Tips Lulus Tes CPNS Murni Tanpa Uang Sogokan

Saat ini BKN maupun Kemenpan-RB belum merilis pengumuman CPNS 2018, baik untuk pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten. namun tidak salahnya apabila peminat CPNS untuk mempersiapkan syarat-syarat CPNS 2018 dengan merujuk pada pengumuman CPNS pada periode sebelumnya atau pada lembaga negara pemerintah sebelumnya karena diperkirakan tidak jauh berbeda.

Penerimaan CPNS 2018 ini memang telah lama ditunggu oleh peminat CPNS. sejak awal tahun 2018 isu dan spekulasi adanya lowongan CPNS 2018 terus bergulir dan akhirnya dijawab secara resmi oleh pemerintah bahwa memang akan ada pembukaan lowongan CPNS tahun 2018 yang akan dibuka dan diumumkan setelah penyelenggaraan pilkada 2018, yaitu pada tanggal 27 juni 2018. Namun yang direncanakan tidak berjalan seperti yang diharapkan karena banyaknya pembahasan sistem dan kuota dalam penerimaan CPNS 2018. Pembahasan selama bulan Juli, Agustus dan awal September akhirnya mengerucut pada finalisasi pengumuman yang akan dirilis pada tanggal 19 September 2018, mudah-mudahan tidak meleset lagi waktu pengumuman CPNS 2018 ini.

Baca juga : Download Simulasi CAT Soal CPNS 2018 Tes Kompetensi Dasar (TKD)

Merujuk pada pelaksanaan tes cpns sebelumnya untuk pengumuman dapat dilihat pada website BKN dan Website Kemenpan-RB. Informasi terbaru yang dirilis dari Kemenpan-RB adalah mengenai jumlah formasi CPNS 2018 yang akan dibuka. Kemenpan-RB telah menetapkan jumlah total formasi yang dibuka yaitu sebanyak 238.015 formasi ini dibagi lagi peruntukannya untuk Instansi Pusat sebanyak 76 instansi formasi yang dibuka sebanyak 51.271 dan untuk Instansi Daerah sebanyak 525 Instansi formasi yang dibuka sebanyak 186.744. Informasi jelas mengenai jumlah formasi CPNS 2018 bisa dilihat di bawah ini :

pengumuman resmi cpns 2018
sumber : Kemenpan-RB

Pada perekrutan CPNS tahun 2018 jalur yang dibuka dibagi lagi menjadi 2 jalur yaitu jalur umum dan jalur khusus. Formasi jalur khusus dibagi lagi menjadi beberapa bagian yaitu :
  • Lulusan terbaik (cumlaude),
  • Penyandang disabilitas,
  • Putra-putri Papua dan Papua Barat,
  • Diaspora,
  • Olahragawan berprestasi internasional, serta
  • Tenaga pendidik dan tenaga kesehatan eks tenaga honorer kategori II yang memenuhi persyaratan. 
Untuk informasi detail formasi khusus diatur dengan Peraturan Menteri PANRB No. 36 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS tahun 2018. Anda bisa membacanya disini atau disini
Apabila telah berhasil melewati proses pendaftaran, peserta CPNS 2018 akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD. Untuk dapat mengikuti tahap seleksi selanjutnya Kemenpan-RB telah menetapkan nilai ambang batas (passing grade) untuk Seleksi Kompetensi Dasar. Ketentuan Ambang Batas Passing Grade untuk Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2018 dapat dilihat pada gambar di bawah ini :


 
Baca juga : Berlatih Soal CPNS 2018 Tes Kompetensi Dasar (TKD) Disertai Kunci Jawaban

Beberapa informasi tadi merupakan informasi terbaru yang dirilis oleh Kemenpan-RB. Untuk pengumuman resmi CPNS 2018 dan Pendaftaran CPNS 2018 dapat dilihat pada informasi di bawah ini :

Pada tanggal 19 September 2018, kami telah mengecek ke website sscn.bkn.go.id dan akses untuk ke portal SSCN berjalan dengan lambat dan berakhr dengan disconnect atau tidak connect ke servernya, sepertinya trafik yang tinggi membuat Portal menjadi sulit diakses.

Sementara menunggu akses website sscn BKD yang masih lambat, mungkin akibat trafik yang tinggi, yuk kita simak dulu tata cara pendaftaran CPNS 2018 berdasarkan Buku Petunjuk Pendaftaran Sistem Seleksi CPNS Nasional Tahun 2018 yang resmi dirilis oleh BKN
  1. Persiapkan dahulu NIK, Nomor KK, atau NIK Kepala Keluarga, email yang aktif/valid, pas foto dengan ukuran minimal 120 kb dan maksimal 200 kb, serta persiapkan password dan pertanyaan pengaman, untuk kemudian membuat akun di portal SSCM BKN dengan alamat websitenya di sscn.bkn.go.id
  2. Setelah akun dibuat dan foto sudah diupload, selanjutnya cetak Kartu Informasi Akun
  3. Langkah selanjutnya login ke portal SSCN sscn.bkn.go.id menggunakan NIK dan Password yang telah didaftarkan tadi
  4. Mengupload foto selfie atau swafoto dengan memperlihatkan KTP dan Kartu informasi akun untuk berlanjut ke tahap berikutnya.
  5. Melengkapi dan mengisi biodata yang disediakan di portal SSCN BKN
  6. Memilih instansi, formasi serta jabatan yang dipilih. Pelamar hanya diijinkan memilih 1 instansi, 1 formasi dan 1 jabatan
  7. Kemudian periksa resume dari isian biodata dan formasi tadi, pastikan tidak ada kesalahan dalam mengisinya.
  8. Kirim data dengan cara klik Simpan data yang telah diperiksa di Resume dan pastikan sekali lagi data sudah diisi dengan lengkap dan benar. Karena data yang sudah dikirimkan tidak dapat direvisi atau diperbaiki lagi.
  9. Cetak Kartu Pendaftaran SSCN 2018. Kartu ini digunakan sebagai bukti telah mengikuti dan menyelesaikan proses pendaftaran melalui SSCN BKN 2018.              
     
Alur dan Tahapan Pendaftaran CPNS 2018 di Portal SSCN BKN



Baca juga : Pengumuman Formasi CPNS 2018 Kabupaten/Kota di Jawa Barat
Demikian informasi resmi dibuka pengumuman CPNS 2018 dan Pendaftaran CPNS 2018 disertai dengan informasi terbaru lainnya seputar CPNS 2018. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments