Tips Blogger Pemula Mendapatkan Penghasilan dari Adsense


Beberapa hari terakhir ini semangat dan motivasi saya untuk lebih aktif lagi dalam menulis artikel di blog terpicu oleh postingan salah seorang dari member grup facebook : Sekte Karungan yang bernama mas Timon. Mas Timon mengupload image yang menuliskan jumlah penghasilannya sebagai publisher di google. Berbekal rasa ingin tahu yang tinggi saya mencoba berteman dengan Mas Timon dan langsung diterima.

Awalnya saya ragu untuk mengobrol atau chat dengan Mas Timon, karena saya belum memiliki ilmu dan pengetahuan yang luas tentang blogger. Namun kekhawatiran tadi pupus dengan sendirinya, setelah Mas Timon dengan ramahnya menjawab setiap pertanyaan saya padahal kita baru kenal, mungkin itu salah satu kiat Mas Timon juga untuk dapat sharing kepada orang lain.

Apalagi setelah Mas Timon memberitahu link blognya, berbagai artikel menarik dan terbaru tersajikan di sana. Dan menariknya blog yang aktif dan menghasilkan earning menggunakan blogger, yang tentunya tidak perlu hosting sendiri namun tetap menggunakan domain sendiri. Bagi yang modalnya pas-pasan tentunya hal ini merupakan  pembuktian, bahwa dengan modal hosting gratis, template premium murah dan domain sendiri, penghasilan dari Adsense bisa didapatkan secara maksimal.

Saya sendiri mengetahui Google Adsense sejak tahun 2002, dimana saat itu membuat akun GA begitu mudah, berbekal 1 blog yang sedikit isinya juga dengan mudah diterima. Berbeda dengan sekarang yang agak-agak sulit untuk diterima. Ada rasa menyesal kenapa dulu tidak membuat banyak akun GA, untuk nama sekeluarga hehe.  Saat itu saya menjalankan sebuah warnet dan game offline, sekaligus juga pengetikan dan service komputer bersama kakak saya. Namun karena ketertarikan
membaca kurang otomatis ketertarikan menulis kurang juga. Untuk mengetikan teks orang lain sih bisa namun untuk membuat tulisan sendiri terasa sulit. Disitulah hambatannya. Namun akun GA nya sendiri tetap terpelihara sampai sekarang, dan alhamdulillah earningnya sudah mencapai $15 hahaha. Mohon tidak ditiru ya.. :)
  
Ibaratnya kita sudah diberi senjata, namun tidak bisa menggunakannya maka senjata itu tidak akan berguna, begitupun dengan akun GA saya, tidak berguna dan tidak menghasilkan.  Kemudian, sebagai blogger pemula, saya seringkali merasa penasaran, bagaimana sih caranya para senior termasuk juga Mas Timon ini bisa mendapatkan hasil dari Adsense ?Jawabannya sederhana namun tidak mudah kalau dipraktekan kecuali dengan semangat dan motivasi yang super kuat.

Intinya beliau mengatakan buat artikel rutin, minimal 1 artikel sehari dan buatan sendiri, tidak boleh copy paste secara keseluruhan.Kalaupun kita sulit dalam mengarang sendiri, kita dapat mendapatkan bahan artikel dengan cara membaca tulisan orang lain dan kita tulis lagi dengan gaya bahasa dan sudut pandang sendiri. Supaya artikel yang kita tulis itu unik.

Kemudian menetapkan komitmen untuk setiap hari menulis artikel, diibaratkan seperti bekerja, ada jam kerjanya, untuk menulis artikel juga tetapkan jam untuk menulis artikel, apakah pagi, siang, atau malam hari. Apabila menulis artikel sudah kita anggap sebagai pekerjaan, akan lebih lancar dan baik dalam membuatnya. Kemudian hal lain yang harus dilakukan seorang blogger pemula yaitu menyiapkan blognya sendiri. Artikel sebagai isi atau bisa dikatakan jantungnya sebuah blog,
dan blognya sendiri sebagai badannya. Untuk membuat sebuah blog yang baik dan dapat terindex di Google bersaing dengan blog lain, maka harus diperhatikan hal-hal berikut :

Template Blog harus premium
Saya sendiri merasakan selama belasan tahun sudah memiliki blog namun dengan template gratisan, sangat susah sekali menembus page one nya google, dan Mas Timon mengingatkan saya tentang ini. Jadi siapkanlah template blogger premium supaya lebih baik terindeks di Google. Pilihlah template yang responsive, fast loading, dan simple agar tidak berat dalam loadingnya. Baca dulu : Tips Ampuh dalam Memilih Template Blog

Domain TLD (Top Level Domain) Sendiri
Membeli domain sendiri. Ini juga merupakan kesalahan saya sejak dulu. Mindset ingin serba gratis harus disingkirkan dulu, karena memang untuk mencapai sesuatu diperlukan pengorbanan tertentu, dan membeli sebuah domain TLD merupakan bentuk dari pengorbanan tersebut.
Pilih nama domain yang simple dan mudah diingat.

Jadi ada 3 tips ampuh untuk seorang blogger pemula dalam memulai sebuah blognya yaitu  membuat artikel, membeli template premium dan membeli domain TLD.
Hal-hal di atas tadi merupakan rangkuman dan intisari dari obrolan saya dengan Mas Timon melalui chat FB. Saya memang belum bisa menghasilkan dari Adsense, tulisan ini saya buat disamping sebagai informasi bagi yang lain, namun utamanya yaitu sebagai pemicu semangat saya untuk bisa konsisten menulis dan menulis terus. Abaikan dulu mengenai earning karena apabila berpatokan kepada earning, dimana earning belum didapatkan, semangat biasanya akan menurun. Semoga saya
terus bisa istiqomah untuk konsisten menulis.       

1 comment for "Tips Blogger Pemula Mendapatkan Penghasilan dari Adsense "

  1. keren gan, saya juga banyak terinspirasi dari mastimon

    ReplyDelete

Post a Comment