Cara Mengecek Kecepatan Loading Blog

Cara Mengecek Kecepatan Loading Blog

Cara Mengecek Kecepatan Loading Blog


Salah satu faktor yang membuat pengunjung atau visitor blog betah berlama-lama di blog kita yaitu bagusnya kecepatan loading blog. Dengan cepatnya loading blog, informasi yang dicari akan lebih cepat didapatkan, pengunjung akan lebih lama berada di blog kita. Sebaliknya apabila loading blog kita lambat, dapat dipastikan pengunjung akan berpindah ke blog lain. Selain itu dengan semakin cepatnya kecepatan loading blog, pengunjung akan lebih hemat dalam penggunaan kuota datanya. 

Untuk blog yang berbasis wordpress yang memiliki hosting sendiri tentunya bisa mengecek dari kecepatan hostingnya tersebut. Untuk pengguna blogger karena hostingnya gratis dan sudah dengan kecepatan baik, maka yang harus diteliti yaitu gadget atau accesories yang dipasang di blog sobat.

Sobat bloger, untuk mengetahui seberapa cepat loading blog kita, bisa kita ketahui dengan menggunakan salah satu tool dari developer google, yang dinamakan PageSpeed Insight.  PageSpeed Insight akan mengukur kecepatan loading blog dengan angka dari 0 sampai dengan 100. Oh ya pengukurannya ada 2 yaitu dengan menggunakan perangkat Mobile dan Desktop, biasanya nilainya akan berbeda.

Lalu berapakah angka yang menerangkan blog kita termasuk cepat, normal atau lambat ? Untuk kategori blog dengan loading cepat yaitu dari angka 80 ke atas. Untuk normal berkisar di angka 70-80. Dan untuk Lambat berkisar di bawah angka 70. Usahakan angka yang dicapai di kisaran Normal ke atas. Supaya pengunjung kita tidak lari ke blog lain, yang pada akhirnya akan menurunkan pageview blog kita.

Contoh mengukur kecepatan loading blog



Di keterangannya, ditampilkan beberapa hal yang dapat kita optimasi dari mulai optimasi gambar, optimasi script, html dan lain-lain.
Kemudian apabila blog kita termasuk lambat, apa saja yang harus kita lakukan ?  Ada beberapa tips untuk meningkatkan kecepatan  loading blog, diantaranya :
  1. Menghapus widget atau aksesoris atau menu-menu  lainnya yang sekiranya kurang penting.
  2. Mengkompres tempate blog
  3. Mengganti template blog sobat dengan template  yang responsive, clean, fast loading dan seo friendly. Baca juga : Kiat Jitu Memilih Template  Blog

Demikian, sobat blogger, cara untuk mengecek kecepatan loading blog, semoga bermanfaat.

Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments