Contoh Ceramah Ramadhan : 12 Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan

Masdinko.com-Bulan Ramadhan telah tiba dan pemeluk agama Islam (yang telah memenuhi syarat) diwajibkan oleh Allah Subhanahuwata'ala untuk mengerjakan ibadah puasa (shaum) selama sebulan pada bulan Ramadhan. Momentum bulan Ramadhan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan amal ibadah karena pada bulan Ramadhan memiliki beberapa keutamaan dan keistimewaan.

Berikut 12 Keutamaan dan Keistimewaan bulan Ramadhan yang sebaiknya diketahui oleh kaum muslim.

1. Bulan Diturunkannya Alquran


Diturunkannya Al-qur'an pada bulan Ramadhan dapat dilihat pada surat Al-Baqarah ayat 185 yang terjemahannya :

Allah SWT berfirman,"Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)".

Al-qur'an merupakan mukjizat terbesar yang diterima oleh Nabi Muhammad Sollahualaihiwassalam, karena Al-qur'an merupakan penyempurna dari kitab-kitab yang diturunkan pada nabi sebelumnya. Turunnya Al-qur'an pada bulan Ramadhan merupakan keistimewaan yang dimiliki pada bulan Ramadhan.

2. Dibukanya Pintu Surga dan Ditutupnya Pintu Neraka


Pada bulan Ramadhan terbuka peluang yang besar bagi kaum muslim untuk meningkatkan amal ibadah selama bulan Ramadhan, karena pada bulan Ramadhan pintu Surga dibuka dan ditutupnya pintu neraka.

Hal ini dijelaskan pada hadits berikut :


إذَا كَانَ أوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِرَمَضَانَ صُفِّدَتْ الشَّيَاطِيْنُ وَمَرَدَةُ الْجِنِّ وَغُلِّقَتْ أبْوَابُ النَّارِ فَلَمْ يُفْتَحْ مِنْهَا بَابٌ وَفُتِّحَتْ أبْوَابُ الجَنَّةِ فَلَمْ يُغْلَقْ مِنْهَا بَابٌ وَيُنَادِيْ مُنَادٍ يَا بَاغِيَ الْخَيْرِ وَيَا بَاغِيَ الشَّرِّ أقْصِرْ وَلِلَّهِ عُتَقَاءُ مِنَ النَّارِ وَذَلِكَ كُلُّ لَيْلَةٍ

Artinya: "Jika awal Ramadhan tiba, maka setan-­setan dan jin dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup, tidak ada satu pintu pun yang dibuka. Sedangkan pintu-pintu surga dibuka, dan tidak satu pintu pun yang ditutup. Lalu ada seruan (pada bulan Ramadhan); Wahai orang yang menginginkan kebaikan, datanglah. Wahai orang yang ingin kejahatan, tahanlah dirimu. Pada setiap malam Allah SWT memiliki orang-orang yang dibebaskan dari neraka." (HR Tirmidzi)

3. Terdapat Malam Lailatul Qadar


Pada bulan Ramadhan terdapat satu malam yang lebih baik dari 1000 bulan yaitu Malam Lailatul Qadar. Hal ini ditegaskan dalam Surat Al-Qadr ayat 1-5 dengan artinya sebagai berikut :

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam qadar. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar." (QS. Al Qadr ayat 1-5)

Beberapa keterangan menyebut malam Lailatul Qadar muncul pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan yaitu pada malam ganjil di bulan Ramadhan. Dianjurkan agar pada 10 hari terakhir umat Muslim memperbanyak amal ibadah dan i'tikaf di mesjid.

4. Ramadhan adalah Bulan Penuh Berkah


Bulan Ramadhan memiliki keberkahan di dalamnya diantaranya dilipat gandakannya pahala, tertolongnya golongan fakir miskin, karena meningkatnya sedekah dan diwajibkannya zakat fitrah untuk membantu golongan fakir miskin dan juga bagi pedagang datangnya bulan Ramadhan juga membawa keberkahan secara ekonomi.

Hal ini sejalan dengan hadits Nabi Rasulullah Sollallahualaihi wasallam,

قَدْ جَاءَكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌمُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ تُفْتَحُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَنَّةِ وَيُغْلَقُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَحِيْمِ وَتُغَلًّ فَيْهَ الشَّيَاطَيْنُ فَيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ ألْفِ شَهْرٍ            

Rasulullah SAW bersabda: "Telah datang Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu, saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan." (HR. Ahmad)

5. Bulan Ramadhan Penuh Ampunan


Beberapa hadits menjelaskan mengenai bulan Ramadhan merupakan bulan penuh ampunan atas segala dosa yang dilakukan manusia.

"Sholat lima waktu, Jumat ke Jumat dan Ramadan ke Ramadan menghapuskan dosa-dosa di antara masa-masa itu selama dosa-dosa besar dijauhi." (HR. Muslim)

"Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari dan Muslim).

"Barangsiapa yang berpuasa melakukan shalat malam pada bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari dan Muslim)

Manusia tidak luput dari kesalahan, kekhilafan dan dosa baik dosa kecil maupun besar. Bulan Ramadhan merupakan momentum yang tepat untuk bertobat atas segala dosa yang telah dilakukan.     

6. Puasa di Bulan Ramadhan Bagian dari Rukun Islam


Rukun Islam merupakan pondasi dari Agama Islam, dan puasa menjadi salah satu bagian dari rukun Islam yaitu rukun Islam keempat. Hal ini sesuai dengan hadits Nabi Rasulullah Sollallahu'alaihiwasallam :

"Islam dibangun atas lima (rukun); Bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah, dan sesungguhnya Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, mendirikan salat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan, dan haji ke Baitullah." (HR. Bukhari dan Muslim).  

7. Memberi Makan Sebanding Berpuasa Seharian


Pada bulan Ramadhan akan terlihat banyak orang yang diberi rezeki berlebih bersedekah kepada yang membutuhkan dalam berbagai bentuk, salah satunya yaitu dalam menyediakan makan untuk berbuka puasa dan sahur. Hanya dengan memberi makanan/minuman kepada orang yang berpuasa, Allah akan berikan limpahan pahala dan keberkahan.

Contoh Ceramah Ramadhan : 12 Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan

Hal ini berdasarkan hadits berikut :

مَنْ فَطَرَ صَائِمًا كُتِبَ لَهُ مِثْلُ أجْرِ الصَّا ئِمِ لَا يَنْقُصَ مِنْ أجْرِ الصَّائِمِ شَيْئٌ

"Barangsiapa memberi perbukaan (makanan atau minuman) kepada orang yang berpuasa, maka dia akan mendapat pahala seperti pahala orang yang berpuasa itu, tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang yang berpuasa tersebut." (HR. Ahmad)  

8. Sedekah Terbaik Saat Bulan Ramadhan


Memberi sedekah pada bulan Ramadhan akan diberikan pahala yang berlipat oleh Allah Subhanahuwata'ala, hal ini berdasarkan pada hadits dan Al-qur'an :

أيُّ الصَّدَقَةِ أفْضَلُ؟ قَالَ صَدَقَةٌ فَيْ رَمَضَانَ

Rasulullah SAW pemah ditanya; Sedekah apakah yang paling mulia? Beliau menjawab: “Yaitu sedekah dibulan Ramadhan.” (HR Tirmidzi)  

"Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al Hadid ayat 18)

9. Mustajab Berdoa di Bulan Ramadhan


Berdoa memang bisa dilakukan kapan saja, bisa setelah sholat fardhu atau pada waktu-waktu lainnya. Namun berdoa pada bulan Ramadhan lebih istimewa, karena doa-doa kita mustajabah atau lebih mudah dikabulkan.

Hal ini bersumber dari Hadits Rasulullah :

"Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa maka pasti dikabulkan." (HR. al-Bazaar, dari Jabir bin Abdillah. Al-Haitsami dalam Majma Az Zawaid mengatakan bahwa perawi hadis ini tsiqah atau terpercaya).

"Tiga orang yang doanya tidak ditolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang terdzolimi." (HR. At Tirmidzi).  

10. Puasa dan Mengaji jadi Syafaat di Akhirat


Keistimewaan Bulan Ramadhan lainnya yang mungkin tidak banyak diketahui yaitu amalan berpuasa dan membaca Al-Qur'an pada bulan Ramadhan akan memberi syafaat kelak di hari kiamat, pada orang yang menunaikannya.

Rasulullah bersabda :


اَلصُّيَامُ وَاْلقُرْآنُ يَشْفَعَانِ لِلْعَبْدِ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ يَقُوْلُ اَلصِّيَامُ أيْ رَبِّ مَنَعْتُهُُ الطَّعَامَ وَالشَّهَوَاتَ بِالنَّهَارِ فَشَفِّعْنِى فَيْهِ وَيَقُوْلُ اْلقُرْآنُ مَنَعْتُهُ النَّوْمَ بِالَّيْلِ فَشَفِّعْنِي فِيْهِ قَالَ فَيُشَفِّعَانِ

Puasa dan Al Quran akan memberikan syafaat seorang hamba pada hari kiamat. Puasa berkata: “Ya Rabbi, aku mencegahnya dari makan dan minum di siang hari”, ِAl Quran juga berkata: “Aku mencegahnya dari tidur dimalam hari, maka kami mohon syafaat buat dia.” Beliau bersabda: “Maka keduanya dibolehkan memberi syafaat.” (HR Ahmad)   

11. Puasa di Bulan Ramadhan Senilai Puasa 10 Bulan


Berpuasa pada bulan Ramadhan, Allah akan melipatgandakan pahalanya. Berpuasa selama sebulan penuh di bulan Ramadhan pahalanya sama dengan berpuasa selama 10 bulan. Dan apabila ditambah dengan puasa sunnah pada bulan Syawal maka nilai pahala setara dengan puasa selama setahun.

Nabi Muhammad Sollallaahu bersabda:

"Siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan, maka satu bulan sama seperti sepuhu bulan. Dan siapa yang berpuasa setelah itu, berpuasa selama enam hari sesudah Id (Syawawl), hal itu sama nilainya dengan puasa sepurna satu tahun." (HR. Ahmad).   

Selain itu, juga ditegaskan dalam hadis Rasul SAW yang lain. Abu Ayub Al-Anshary meriwayatkan yang artinya:

"Barangsiapa yang berpuasa (pada bulan Ramadhan) kemudian diikuti puasa enam hari pada bulan Syawal, maka hal itu sama seperti puasa setahun." (HR. Muslim)

12. Umrah di Bulan Ramadhan Sama dengan Pahala Haji


Jamaah umrah yang mendapatkan kesempatan umrah pada bulan Ramadhan akan mendapatkan keistimewaan karena apabila berumrah pada bulan Ramadhan pahalanya sama dengan melaksanakan ibadah haji.

Hal ini berlandaskan dalam hadits Rasulullah SAW, beliau bersabda:

فَإِنَّ عُمْرَةَ فِيْ رَمَضَانَ حَجَّةٌ

"Sesungguhnya umrah dibulan Ramadhan sama dengan pahala haji." (HR Bukhari)

Demikian, 12 Keistimewaan bulan Ramadhan yang dapat dinikmati dan dirasakan oleh masyarakat khususnya kaum muslim yang mengerjakan ibadah puasa wajib di bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.  

Post a Comment for "Contoh Ceramah Ramadhan : 12 Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan "