Tema Slogan Logo HUT Pramuka Ke 61 Tahun 2022

Masdinko.com-Tema dan slogan Logo HUT Pramuka ke-61 Tahun 2022 biasanya dirilis setiap tahun sebelum tanggal 14 Agustus, yang merupakan hari lahirnya Pramuka (Praja Muda Karana). Dirgahayu Pramuka Tahun 2022 merupakan ulang tahun Pramuka ke-61. Tema Slogan dan logo resmi HUT Pramuka tahun 2022 dirilis oleh Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka dan disosialisasikan kepada publik.

Tema slogan dan logo HUT Pramuka 2022 berbeda dengan tahun sebelumnya. Tema HUT Pramuka 2022 juga akan berbeda dengan tahun sebelumnya, begitupun dengan logo HUT Pramuka 2022 akan berbeda dengan logo tahun sebelumnya. Tema yang diusung biasanya menyesuaikan dengan kondisi terkini bangsa Indonesia khususnya yang berkaitan dengan Gerakan Pramuka.

Tema HUT Pramuka terdiri dari rangkaian kata atau beberapa kata yang menggambarkan visi dari HUT Pramuka tahun 2022. Dilengkapi dengan logo terbaru HUT Pramuka 2022 yang biasanya didominasi dengan warna merah dan putih. Selain warna terdapat juga desain Angka 61 yang menggambarkan usia gerakan Pramuka. Tema dan logo ini akan dirilis bersamaan, sehingga para penyelenggara HUT Pramuka dapat menggunakan pada saatnya nanti.

Tema Slogan Logo HUT Pramuka Ke 61 Tahun 2022
suara.com

Biasanya pada awal Maret 2022 logo terbaru HUT Pramuka ke-61 tahun 2022 dirilis oleh Kwarnas Gerakan Pramuka, dan sebaiknya kita juga mengetahui mengenal sejarah terbentuknya Gerakan Pramuka di Indonesia. Berikut merupakan sejarah ringkas terbentuknya gerakan Pramuka di Indonesia.

Momentum bersejarah Gerakan Pramuka yaitu sebagai berikut :

  • Pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 Tahun 1961 tanggal 20 Mei 1961 tentang Gerakan Pramuka, menetapkan bahwa Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan yang ditugaskan menyelenggarakan pendidikan kepanduan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia. Momen ini dikenal dengan Hari Permulaan Tahun Kerja.

  • Pelantikan Mapinas, Kwarnas dan Kwarnari yang dilakukan di Istana Negara, serta Penganugerahan Panji-panji Gerakan Pramuka tanggal 14 Agustus 1961.

Pada tanggal 14 Agustus 1961, setelah pelantikan Kwarnas dan Kwarnari, dilangsungkan defile Pramuka yang bertujuan untuk memperkenalkan secara resmi Gerakan Pramuka Indonesia kepada masyarakat, sehingga hari ulang tahun Pramuka diperingati setiap tanggal 14 Agustus.

Kehadiran pramuka di tengah masyarakat Indonesia memiliki dampak positif. Banyak kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan Pramuka yang berupa Bakti Sosial dan kerja nyata membantu masyarakat.

Tema Slogan Logo HUT Pramuka Ke 61 Tahun 2022

Kegiatan Pramuka mengakar kuat, karena sejak Sekolah Dasar, anak-anak Indonesia sudah mengenal kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan Gerakan Pramuka. Selain itu mereka juga memperoleh ilmu dan keterampilan baru dalam gerakan kepanduan ini yang bermanfaat diaplikasikan di kehidupan masyarakat.

Tingkatan pramuka terdiri dari beberapa tingkatan diantaranya Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak, dan Pramuka Pandega. Selain itu dikenal juga komponen Pembina Pramuka, Andalan Pramuka, Korps Pelatih Pramuka, Pamong Saka Pramuka, Staf Kwartir dan Majelis Pembimbing.

Dengan komponen di atas tersebut, gerakan Pramuka bertekad menjadi energi positif bagi generasi muda Indonesia untuk terus membangun Indonesia dan memperkuat NKRI secara utuh melalui berbagai kegiatan positif dan bakti sosialnya.

Pada tahun 2022 ini, Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka merilis tema HUT Pramuka 2022 terbaru dan logo HUT Pramuka Tahun 2022 terbaru. Tema dan logo HUT Pramuka 2022 terbaru berdasarkan Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 62 Tahun 2022 yang merupakan wujud semangat yang ingin dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka.

Logo HUT Pramuka ke 61 Tahun 2022

Tema Slogan Logo HUT Pramuka Ke 61 Tahun 2022

Melalui Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 62 Tahun 2022 tentang TEMA DAN LOGO HARI PRAMUKA KE 6I TAHUN 2022, dijelaskan pula rincian makna dari logo HUT Pramuka ke 61 tahun 2022.

Tema Slogan Logo HUT Pramuka Ke 61 Tahun 2022


Makna Logo 61 Tahun Gerakan Pramuka

  1. Angka 6 dan 1 merupakan Ulang Tahun yang ke 61
    Angka 6 hasil stilasi dari Kelopak Tunas Kelapa serta angka 1 yang menopang logogramTunas Kelapa dengan tegak berkesan kokoh.
  2. Logo type PRAMUIG
  3. MENGABDI TANPA BATAS UNTUK MEMBANGUN KETANGGUHAN BANGSA adalah tema Hari Pramuka Ke-61 Tahun 2022.


Slogan Logo HUT Pramuka ke 61 Tahun 2022


Tertera pula slogan “MENGABDI TANPA BATAS UNTUK MEMBANGUN KETANGGUHAN BANGSA, yang tentunya bermakna secara keseturuhan logo 61 tahun diharapkan dapat membangun citra positif Gerakan Pramuka dengan mewujudkan kapasitas informatika, integritas dan kompetensi komunikasi publik di era digital.

Tema HUT Pramuka Tahun 2022 atau tema HUT Pramuka ke-61 terbaru yaitu :     

MENGABDI TANPA BATAS UNTUK MEMBANGUN KETANGGUHAN BANGSA menjadi tema atau slogan yang dipilih untuk peringatan HUT ke 61 Gerakan Pramuka. Tema ini memiliki makna niat yang kuat dari seluruh anggota Gerakan Pramuka untuk membangun citra positif Gerakan Pramuka dengan mewujudkan kapasitas informatika, integritas dan kompetensi komunikasi publik di era digital.

Ucapan selamat ulang tahun HUT Pramuka ke-61 terbaru tahun 2022 selalu mengiringi saat memperingati HUT Pramuka tahun 2022 terbaru. Hal ini merupakan bukti nyata bahwa masyarakat dan komponen yang berada di Gerakan Pramuka, peduli dan menilai positif atas kehadiran Gerakan Pramuka.

Semoga dengan peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka ke-61 atau HUT Pramuka tahun 2022 menjadi momen positif bagi Pramuka untuk meningkatkan peran dan kiprahnya baik di sekolah maupun di kehidupan masyarakat. Berikut lirik Hymne Pramuka agar para Pramuka lebih bersemangat dan puisi pramuka Indonesia.

Demikian artikel tema slogan logo HUT Pramuka ke-61 Tahun 2022, Dirgahayu Gerakan Pramuka, semoga selalu berjaya. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.

Post a Comment for "Tema Slogan Logo HUT Pramuka Ke 61 Tahun 2022 "