Tema Slogan Logo HUT TNI Ke 76 Tahun 2021 Plus Desain Spanduk Terbaru

 Masdinko.com-Peringatan hari ulang tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia diperingati setiap tanggal 5 Okober. Setiap momen HUT TNI setiap tahunnya, tentunya ada hal-hal yang disampaikan ke masyarakat terkait histori, cita-cita dan pencapaian yang telah dilakukan lembaga TNI.

Selain hal tersebut, pada HUT TNI tahun 2021 juga dirilis tema slogan logo HUT TNI Ke 76 Tahun 2021 terbaru. Logo berikut slogan dan tema HUT TNI ke 76 merupakan satu kesatuan yang didalamnya memuat filosofi dari ketiga angkatan yang ada di TNI, yaitu angkatan darat, angkatan laut dan angkatan udara.

Logo HUT TNI 2021 dibuat dalam bentuk spanduk dan baligo, dan dipasang pada setiap kantor Kodim, Danramil daerah terkecil sampai ke kantor militer di pemerintah pusat, sehingga tampilannya seragam dan kompak.

Sebelum membahas mengenai makna yang terkandung dalam logo hut tni ke 76 terbaru tahun 2021, perlu juga kita ketahui sejarah singkat perjalanan TNI sejak awal pembentukan sampai dengan saat ini.

Sejarah panjang TNI tidak terlepas dari hadirnya militer Hindia-Belanda di Indonesia yang disebut KNIL. KNIL merupakan pasukan khusus Belanda yang eksis pada tahun 1826-1830 ketika perang Diponegoro berlangsung.

Tentara KNIL didominasi oleh orang pribumi Indonesia yang dibayar dan digaji oleh pemerintah Hindia-Belanda. Sebagian lainnya tentaranya berasal dari Belanda dan negara Eropa lainnya.

Ketika Belanda kalah melawan Jepang, KNIL dibubarkan oleh Jepang, dan kemudian resmi dibubarkan oleh Belanda melalui surat pengumuman pembubaran yang dibuat oleh Ratu Juliana.

Mantan tentara KNIL yang mayoritas orang pribumi Indonesia kemudian diijinkan untuk memperkuat TNI. Mantan KNIL yang memperkuat TNI diantaranya AH Nasution dan Soeharto, mantan Presiden Republik Indonesia.

Jepang berhasil mengalahkan Belanda dan kemudian membentuk organisasi Pembela Tanah Air (PETA) pada tanggal 03 Oktober 1942. Latar belakang pembentukan PETA yaitu terhimpitnya Jepang akibat perang Asia Timur dan perang Pasifik, dan membentuk PETA untuk mengambil keuntungan dari negara jajahannya yang memihak.

Sejak awal para pemimpin dan anggota PETA hanya menggunakan PETA sebagai alat untuk memerdekakan Indonesia, sehingga setelah Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, pada tanggal 19 Agustus 1945, PETA membubarkan diri secara baik-baik. Presiden Soekarno menyetujui pembubaran PETA dan menunjukan kepada dunia bahwa Indonesia merdeka atas perjuangannya sendiri.

Kemudian setelah Indonesia merdeka melalui Proklamasi Kemerdekaan, dibentuklah Badan Keamanan Rakyat (BKR) di bawah Komite Nasional Indonesia (KNI). Status BKR memang bukan institusi militer resmi Indonesia. Kemudian BKR membentuk BKR Darat, BKR Laut dan BKR Udara.

Pada tanggal 5 Oktober 1945, pemerintah Indonesia mengubah BKR menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR), dan memasukan para mantan KNIL dan PETA. Sempat diubah menjadi Tentara Keselamatan Rakyat pada tahun 1946, namun kemudian berganti nama menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI) pada tahun 1946.

Presiden Soekarno pada tanggal 3 Juni 1947, mengubah kembali nama institusi militer ini menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan sebagai pimpinannya ditunjuklah Jenderal Soedirman menjadi Panglima pertama TNI.

Hari Ulang Tahun (HUT) TNI tanggal 5 Oktober berawal dari mulai berdirinya TKR, dan diperingati sampai sekarang. Inilah sejarah ringkas perjalanan institusi militer TNI sejak awal sampai saat ini.   

Peringatan HUT TNI setiap tahun juga ditandai dengan dirilisnya logo HUT TNI. Sama seperti logo peringatan HUT Republik Indonesia setiap tahun, pemerintah juga merilis logo peringatan tiap tahun.

Untuk logo HUT TNI ke 76 Tahun 2021 logo HUT TNI terbaru dirilis oleh Puspen Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (TNI) setiap tahunnya melalui website resminya.

Logo rsmi HUT TNI tahun 2021 akan dirilis sebelum momen HUT TNI berlangsung. Disamping merilis logo yang berupa spanduk juga terdapat tema dan makna yang ingin disampaikan kepada masyarakat berkaitan dengan peran dan eksistensi Tentara Nasional Indonesia di masyarakat.

Tema HUT TNI RI Ke 76 Tahun 2021 yaitu

Berikut Logo HUT TNI RI Ke 76 Tahun 2021 terbaru :

Berikut spanduk dan umbul-umbul HUT TNI RI ke 76 Tahun 2021 terbaru :

Selain kegiatan pemasangan spanduk dan baligo di setiap kantor kesatuan TNI, juga diadakan upacara peringatan HUT TNI RI dan atraksi keterampilan dari prajurit TNI di kota tertentu.

Selayaknya hari ulang tahun, anda dapat mengirimkan ucapan selamat ulang tahun HUT TNI RI ke 76 Tahun 2021. Selain upacara, kegiatan juga diisi dengan menyanyikan lagu Mars TNI dan Hymne TNI yang biasa dilakukan.

Sudahkah anda mengetahui lagu Mars TNI dan Hymne TNI ? berikut teks lagu mars TNI dan Hymne TNI

Hymne TNI
Cipt : Addie MS

Bersatu Prajurit TNI
Satria Merah Putih
Luhur Mengabdikan Diri
Bela Ibu Pertiwi

Teguh Pada Sumpah Setia
Takwa Kepada Tuhan
Rela Berkorban
Jiwa Raga
Demi Indonesia

Mars TNI Angkatan Darat

Derap maju melangkah pasti
Angkatan Darat putra pertiwi
Di bawah panji Garuda Sakti
Kartika Eka Paksi

Sapta Marga sumpah prajurit
Pedoman luhur janji nan suci
Rela Berkorban jiwa dan raga
Bhayangkari Negara

Insan Pancasila, teguh dalam iman
Merah Putih jiwa raganya
Semangat membara
Manunggal dengan rakyat
Membangun nusa bangsa

Angkatan Darat Benteng negara
Setia mengemban amanah bangsa
Satya perkasa gagah perwira
Jayalah Angkatan Darat

Insan Pancasila, teguh dalam iman
Merah putih jiwa raganya
Semangat membara
Manunggal dengan rakyat
Membangun nusa dan bangsa

Mars TNI Angkatan Laut

Angkatan Laut Indonesia
Pengawal samudera raya
Berjuang bela bumi persada
Demi kejayaan nusantara

Prajurit laut putra samudera
Bernafsakan Tri Sila
Gagah berani pantang menyerah
Bersemangatlah Pancasila

Terjang walau badai menghadang
Hancurkan rintangan teguh pada tujuan
Terus kobarkan semangatmu
Kibarkan bendera kewajiban
Jalasveva Jayamahe

Angkatan Laut Indonesia

Pengawal samudera raya
Berjuang bela bumi perasada
Demi kejayaan nusantara

Prajurit laut putra samudera
Bernafaskan Tri sila
Gagah berani patang menyerah
Bersemangatlah Pancasila

Terjang walau badai menghadang
Hancurkan rintangan teguh pada tujuan
Terus kobarkan semangatmu
Kibarkan bendera kewajiban
Jalasveva Jamahe

Mars TNI Angkatan Udara

Mars Swabuana Paksa

Dengar Gemuruh Angkatan Udara
Gegap Gempita Jaya Perkasa
Tak Gentar Menentang Angkara Murka
Menembus Angkasa Menjaga Persada
Rakyat Bangga Padamu
Berikan Darma Bhaktimu
Dengan Semboyan Swabuana Paksa
Teruskan Tugas Suci
Menuju Kejayaan Indonesia

Demikian informasi tentang tema slogan logo HUT TNI RI ke 76 tahun 2021 terbaru, semoga dengan peringatan HUT TNI ke 76 tahun 2021 ini, TNI dapat lebih maju dan lebih modern serta dapat meraih cita-citanya. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.        

Post a Comment for "Tema Slogan Logo HUT TNI Ke 76 Tahun 2021 Plus Desain Spanduk Terbaru"