Cara mendapatkan listrik gratis dan diskon gratis pelanggan 450 dan 900 VA

Masdinko.com. Mendapatkan keringanan listrik gratis dari PLN di saat pandemi wabah virus corona COVID-19 sangat diharapkan masyarakat. Pemberlakuan social distancing, physical distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) memaksa masyarakat untuk beraktivitas di rumah saja.

Beraktivitas di rumah saja membuat beberapa pos pengeluaran rumah tangga mengalami kenaikan. Biasanya penggunaan alat-alat yang memerlukan listrik, digunakan hanya sebentar atau seperlunya saja, namun karena tidak ada aktivitas lain, sehingga digunakan lebih lama dan membuat tagihan listrik naik. Contohnya penggunaan televisi, di saat normal, menyalakan televisi mungkin hanya pada saat kita pulang kerja atau anak-anak pulang sekolah saja, namun karena di rumah terus, penggunaanya pasti bertambah.



Berdasarkan rilis dari pemerintah dan PLN, untuk meringankan masyarakat dari tagihan listrik, maka diberikan keringanan bagi pelanggan listrik dengan daya 450 VA dan 900 VA (khusus yang subsidi). Bagi pelanggan daya listrik 450 VA listrik akan digratiskan dan bagi pelanggan 900 VA bersubdisi diberikan diskon listrik 50%,  terhitung sejak bulan April 2020 selama 3 bulan. Berlaku untuk pelanggan yang pasba bayar dan pra bayar.

Jumlah listrik yang didapatkan rumah tangga berbeda-beda, dilihat dari data penggunaan listrik tertinggi dalam 3 bulan terakhir. Program listrik gratis dan diskon listrik ditujukan bagi masyarakat yang kurang mampu yang terkena dampak dari penyebaran wabah COVID-19.

Lalu bagaimana cara mendapatkan listrk gratis dan diskon listrik dari PLN? berikut informasi yang dirilis oleh PLN untuk cara mendapatkan listrik gratis.  Terdapat 2 cara untuk mendapatkan listrik gratis bagi pelanggan listrik 450 VA dan 900 VA yang menggunakan token atau Prabayar.

1. Mengakses website PLN


Caranya masuk ke website PLN di https://layanan.pln.co.id/ lalu pilih menu Gratis/Diskon Stimulus PSBB. Kemudian akan muncul formulir yang harus diisi seperti di bawah ini. Isi sesuai dengan identitas pelanggan anda.




Nanti akan muncul token gratis pada Kolom Keterangan yang anda dapatkan. Anda hanya perlu memasukannya ke meteran listrik anda

Apabila anda memasukan ID pelanggan yang tidak bersubsidi atau mandiri maka akan muncul seperti ini, artinya anda tidak mendapatkan Kompensasi.



 

2. Melalui Whatsapp


Apabila melalui cara pertama belum berhasil coba dengan cara kedua yaitu menggunakan aplikasi whatsapp.


  1. Buka aplikasi whatsapp anda
  2. Kirim chat ke 08122123123, contoh chatnya bisa seperti ini, "bagaimana cara dapat token gratis"
  3. Kemudian akan direspon, silahkan masukan ID pelanggan/nomor meter anda ya ?
  4. Masukan ID pelanggan anda
  5. Token gratis akan muncul
  6. Masukan token tersebut ke meteran anda
Bagi pelanggan yang menggunakan pembayaran pasca bayar atau bayar manual (reguler), bagi pelanggan 450 VA anda akan langsung dibebaskan dari tagihan dari Bulan April, Mei dan Juni.
Pelanggan 900 VA bersubsidi dengan pembayaran pasca bayar atau reguler maka tagihan akan didiskon sebesar 50% untuk bulan April, Mei dan Juni.

Demikian cara mendapatkan listrik gratis dari PLN selama 3 bulan sebagai kompensasi atas dampak dari wabah virus corona atau covid-19. Semoga pandemi ini dapat segera berakhir, karena dampak yang ditimbulkan sangat luas dan berdampak pada jutaan penduduk Indonesia. Semoga Allah angkat wabah ini dari  Indonesia dan Dunia. Semoga bermanfaat.   

Post a Comment for "Cara mendapatkan listrik gratis dan diskon gratis pelanggan 450 dan 900 VA"