10 Makanan Takjil Favorit Untuk Berbuka Puasa Ramadhan

10 Makanan Takjil Favorit Untuk Berbuka Puasa Ramadhan

10 Makanan Takjil Favorit Untuk Berbuka Puasa Ramadhan

Alhamdulillah, tidak lama lagi akan memasuki bulan yang suci, bulan penuh berkah, bulan Ramadhan. Pada bulan Ramadhan ini diwajibkan kepada umat Islam untuk melaksanakan ibadah puasa dan memperbanyak ibadah-ibadah lainnya. Selain memiliki keutamaan dalam beribadah, bulan Ramadhan atau dikenal juga dengan bulan puasa, memiliki beberapa ciri khas dibanding dengan bulan-bulan lainnya. Salah satunya yaitu makanan atau kulinernya. Waktu makan dalam dalam bulan puasa yaitu pada saat sahur (sebelum adzan Shubuh), dan pada saat/setelah adzan Maghrib atau saat berbuka puasa. Makanan untuk sahur biasanya makanan yang cukup asupan karbohidrat, agar kuat dalam menjalankan puasa. Nah untuk makanan berbuka puasa, berbeda dengan makanan sahur, karena untuk makanan berbuka puasa sangat beragam dan bervariasi. Ditambah lagi dengan banyaknya penjual makanan sebelum waktu berbuka puasa, makin banyak variasi untuk makanan berbuka puasa.

Makanan untuk berbuka puasa ada yang makanan berat (nasi dan lauk pauk) dan ada juga makanan ringan atau biasa disebut dengan makanan takjil, untuk sekedar membatalkan puasa. Pada artikel kali ini, Masdinko akan menshare 10 makanan takjil favorit untuk berbuka puasa yang pastinya membuat lidah kita tergoda untuk mencicipinya. Makanan takjil ini biasanya dikonsumsi sebelum makan besar (makan nasi), jadi setelah waktu berbuka puasa tiba, makan takjil dulu untuk membatalkan puasa, lalu melaksanakan sholat Maghrib kemudian makan besar.

Yuk kita jelajahi 10 makanan takjil favorit untuk berbuka puasa :

1. Kurma

Siapa yang tak mengenal kurma ? apalagi pada saat bulan Ramadhan, di toko-toko maupun di swalayan pasti menjual kurma. Kurma memang sangat identik dengan bulan puasa Ramadhan. Jenis kurma sendiri sangat bervariasi dari mulai yang bermerk dan yang tidak bermerk, ada dijual kemasan, ada juga yang dijual kiloan (curah). Menjual kurma juga merupakan salah satu peluang bisnis di momen bulan Ramadhan. Adanya sunnah Nabi Muhammad dalam mengkonsumsi kurma juga menjadikan produk kurma sangat diminati oleh kaum muslim.

2. Kolak pisang dan Kolangkaling

Kolak pisang plus kolangkaling memang lebih banyak ditemui pada saat bulan Ramadhan. Kolak pisang lebih lengkap ditambah dengan kolangkaling, rasanya yang manis, cocok untuk dijadikan makanan takjil saat berbuka puasa. Kolak pisang banyak ditemui dijual di pinggir jalan di pusat keramaian, ada juga yang dijual di warung makan, restoran dan kafe. Pokoknya cocok deh buat makanan takjil.

3. Aneka Gorengan


Meskipun pada hari biasa dapat ditemui, aneka gorengan pada saat bulan Ramadhan tetap menjadi favorit dan primadona pilihan masyarakat untuk berbuka puasa. Aneka gorengan yang biasa dijajakan diantaranya tempe goreng, bakwan, pisang goreng, cireng, gehu, dan lain-lain. Selain untuk makanan takjil, gorengan juga bisa menjadi lauk pauk yang praktis dan murah.

4. Aneka Kue Basah

Makanan lainnya yang favorit dijadikan makanan takjil yaitu aneka kue basah. Kue basah ini umumnya layak dikonsumsi dalam waktu yang relatif pendek, karena kalau terlalu lama akan menjadi basi. Aneka kue basah ada yang kue tradisional maupun kue yang kekinian. Beberapa produk kue basah diantaranya kue nagasari, kue putu ayu, kue klepon, lupis kue cantik manis dan lain-lain.    

5. Bubur Kacang Hijau

Bubur kacang hijau sangat lezat untuk dijadikan makanan takjil.  Memiliki rasa manis dan kandungan dari kacang hijau akan membuat perut kita kenyang sementara. Biasanya bubur kacang hijau sering ditambahkan juga ketan hitam, membuat bubur kacang hijau tambah nikmat dan lezat.

6. Kolak Candil

Kolak candil yang bahan utamanya terbuat dari tepung ketan dan tepung beras yang dicampurkan dan ditambahkan air, untuk kemudian dibentuk bulat-bulat. Untuk kuahnya dibuat dari gula merah dicampur dengan air secukupnya yang direbus hingga mendidih. Rasa dari kolak candil ini sangat lezat dan manis. Cocok untuk yang suka makanan manis dan dapat memenuhi kebutuhan badan pada saat berbuka puasa.       

7. Kolak Labu Kuning dan Ubi

Makanan kolak memang sangat diminati untuk berbuka puasa dan dijadikan makanan takjil. Selain kolak pisang dan candil, ada satu lagi kolak yang juga lumayan enak dan cocok disantap saat berbuka puasa yaitu kolak labu kuning dan ubi. Kolak labu kuning dan ibu dibuat dengan cara yang sederhana, seperti kolak lainnya. Rasa manis yang dominan serta ubi yang terasa legit akan menambah selera mencicipi kolak labu kuning dan ubi ini.

8. Surabi atau Sorabi

Surabi atau kalau di daerah saya disebut sorabi, yaitu sejenis pancake kue yang terbuat dari tepung beras dan dipanggang di atas tungku atau cetakan surabi yang biasanya terbuat dari tanah liat. Surabi tradisional atau yang biasa dijajakan dipanggang menggunakan kayu bakar, bukan dengan gas, sehingga hasil panggangnya lebih merata dan terasa enak. Surabi umumnya berasa asin dengan toping bisa diisi dengan macam-macam makanan, misal dengan oncom, telur, gorengan tempe, gorengan kentang, sesuai dengan selera saja. Namun surabi saat ini ada juga yang berasa manis dengan topingnya juga berasa manis seperti keju, coklat, gula merah dan lain-lain. Untuk surabi asin cocok dimakan dengan gorengan, terasa sekali nikmatnya.

9. Bubur Lemu

Bubur lemu yang berasa manis karena dilumeri dengan kuah gula merah dan santan. Bubur lemu yang terasa lembut di lidah terbuat dari bubur tepung beras.  Selain pada bulan puasa, bubur lemu juga biasa dijajakan pada hari-hari lainnya, namun terasa lebih lezat dijadikan makanan takjil pada saat berbuka puasa.

10. Aneka Kue kering

Ada kue basah ada juga kue kering. Kue kering cenderung bisa lebih lama dikonsumsinya. Tidak cepat basi. Kue kering ini biasa ditemui di toko makanan atau toko kue atau bahkan ada yang dijajakan secara keliling. Beberapa kue kering diantaranya kue nastar, kue donat, kue putri salju, dan lain-lain. Memang kebanyakan kue kering ini diproduksi secara masal atau banyak dan dikemas dalam bentuk toples, terkecuali untuk kue donat, banyak ditemui di pasar-pasar maupun di penjual keliling. Mengkonsumsi kue kering lumayan praktis dan simpel.

Nah demikian 10 makanan takjil favorit untuk berbuka puasa pada bulan Ramadhan. Inti dari makanan takjil ini yaitu "penyegeraan" artinya apabila waktu berbuka puasa telah tiba, diutamakan makanan takjil dulu yang kita makan, untuk makanan besar (nasi) kita makan setelah melaksanakan sholat Maghrib. Begitulah yang dicontohkan nabi Muhammad, dengan memakan kurma terlebih dahulu. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.                                         
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments