Tutorial Cara Mengganti Baterai Laptop ASUS X451CA

Masdinko.com-Penggunaan laptop saat ini sudah menjadi kebutuhan penting baik untuk dipergunakan dalam menunjang pekerjaan maupun untuk keperluan pribadi. Setiap tahun produsen laptop merilis produk terbaru dengan spesifikasi laptop dari tahun ke tahun semakin meningkat dari sisi kecepatan dan performanya.

Semakin intensifnya penggunaan laptop oleh penggunanya, mau tidak mau akan muncul resiko kerusakan atau error terhadap perangkat laptop tersebut, baik itu kerusakan yang ringan maupun kerusakan yang berat atau kritis.

Kerusakan atau error bisa terjadi pada beberapa perangkat laptop diantaranya keyboard laptop, baterai laptop, layar laptop, bagian dalam laptop seperti mainboard, prosesor, vga, dan lainnya. Setiap kerusakan yang terjadi maka penanganan juga berbeda tergantung dari kerusakan yang dialami.

Tutorial Cara Mengganti Baterai Laptop ASUS X451CA

Salah satu masalah yang mungkin seringkali dialami oleh pengguna laptop yaitu baterai laptop tidak bisa dicharge atau tidak bisa menyimpan arus listrik saat disambungkan dengan listrik. Penyebabnya bisa karena memang dari usia baterai yang sudah menurun performanya, ataupun bisa dari komponen lainnya yang berkaitan dengan baterai laptop.

Kali ini saya kedatangan sebuah laptop bermerk Asus X451CA dengan keluhan yaitu tidak bisa dicharge atau laptop harus tersambung terus dengan listrik PLN kalau mau digunakan. Setelah dipastikan bahwa kerusakan bukan dari IC charger atau lainnya, kerusakan karena dari faktor baterai saja, maka diperlukan untuk mengganti baterai laptop X451CA dengan yang baru.

Selanjutnya mencari baterai laptop yang sesuai dengan bawaan baterai laptop sebelumnya yaitu dengan spesifikasi 14.4 V dan 37wH. Sebelum membeli baterai laptop tersebut, terdapat 3 kualitas baterai laptop yang beredar di pasaran.

a. Kualitas OSC (Original Service Centre)


Baterai dengan kualitas OSC dibuat oleh produsennya sendiri dengan brandnya sendiri, inilah yang dinamakan baterai laptop yang Genuine atau original atau ASLI.
Untuk mendapatkannya harus membeli langsung ke service center dari laptop tersebut.

Dari sisi spesifikasi dan kualitasnya pastinya sama dengan bawaan baterai laptopnya. Harganya juga sesuai dengan kualitasnya, relatif lebih mahal di banding kualitas lainnya.

b. Kualitas OEM (Original Equipment Manufacturer)


Baterai laptop kualitas OEM setara kualitasnya dengan kualitas OSC. Produsen laptop memberikan lisensi kepada pihak lain untuk memproduksi baterai laptop dengan kualitas sama dengan OSC.

Namun baterai OEM ini tidak dijual di Service center. Biasanya memiliki label atau brand tersendiri berbeda dengan brand produsen laptopnya. Dari sisi spesifikasinya sama dengan versi OSC namun dari sisi harga relatif lebih murah.

c. Kualitas KW


Baterai laptop kualitas KW bisa dikatakan merupakan tiruan dari baterai OSC, dilihat dari tampilannya sekilas memang hampir sama dengan tampilan baterai OSC, namun dari kualitas cetakan labelnya akan terlihat bedanya.

Yang paling penting, dari sisi kualitas menempati urutan terbawah, pengguna laptop harus lebih jeli untuk bisa membedakan baterai KW dengan baterai originalnya. Satu hal yang pasti harganya memang lebih murah dari baterai OEM dan OSC.

Pada akhirnya setelah mengetahui perbedaan baterai laptop Original, OEM dan KW, akhirnya saya memutuskan untuk membeli baterai laptop kualitas OEM. Karena di toko laptop di tempat saya tidak ada yang ready stock, akhirnya saya membeli baterai laptop OEM di toko penjual baterai OEM.

Di toko online khusus laptop ini banyak tersedia spare parts laptop dengan kualitas OEM, bergaransi apabila terjadi drop. Saya referensikan ini karena sudah pernah membeli dan memasang baterainya dan hasilnya sesuai ekspektasi.

Simak video tutorialnya disini :

Video tutorial cara Mengganti Baterai Laptop Asus X451CA


Demikian tutorial dan tips cara mengganti baterai laptop Asus X451CA, semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.

Post a Comment for "Tutorial Cara Mengganti Baterai Laptop ASUS X451CA "