Tips Solusi Cerdas Ibu-ibu Saat Harga Minyak Goreng Naik

Masdinko.com-Salah satu topik yang sedang trending saat ini yaitu kenaikan harga minyak goreng dan akan dihapusnya minyak goreng curah dari pasaran berlaku mulai tanggal 1 Januari 2022. Selama ini di pasaran terdapat 2 jenis minyak goreng yaitu minyak goreng kemasan dan minyak goreng curah.

Dikutip dari CNN Indonesia, menurut Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Suhanto definisi minyak curah merupakan produk turunan minyak kelapa sawit (Crude Palm Oils/CPO). Namun, minyak itu tidak murni, seperti minyak goreng dalam kemasan premium dengan merek ternama.

Sebab, minyak curah merupakan minyak sawit yang sudah melalui tahap pemurnian (refining), pemutihan (bleaching), dan penghilangan bau (deodorizing). Biasanya, minyak ini dikemas menggunakan drum dan didistribusikan menggunakan mobil tangki ke berbagai pasar di pelosok negeri. Kemudian diecerkan kembali oleh pedagang dengan kemasan seadanya seperti plastik.

Minyak goreng curah yang akan dihentikan produksinya mulai tanggal 1 Januari 2022, membuat pembeli minyak goreng curah akan beralih ke minyak goreng kemasan, karena permintaan naik otomatis berlaku hukum ekonomi, harga minyak goreng kemasan akan naik.

Pelaku usaha yang kegiatan produksinya menggunakan minyak goreng seperti penjual gorengan, penjual makanan, usaha kuliner yang menggunakan bahan minyak goreng dan lainnya, mau tidak mau beralih ke minyak goreng kemasan agar tetap bisa berproduksi.

Tips Solusi Cerdas Ibu-ibu Saat Harga Minyak Goreng Naik

Efek naiknya harga minyak goreng lebih terasa bagi kalangan ibu-ibu rumah tangga atau emak-emak. Karena minyak goreng merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus ada dan tersedia di dapur. Agar kenaikan harga minyak goreng tidak terlalu mempengaruhi keuangan keluarga, maka harus ada solusi cerdas emak-emak saat harga minyak goreng naik agar keuangan keluarga tetap stabil.

Beberapa solusi berikut bisa emak-emak lakukan untuk menghemat pengeluaranakibat harg minyak goreng yang melambung tinggi :

1. Memasak dengan cara dikukus


Memasak dengan cara dikukus tidak memerlukan minyak goreng. Beberapa jenis masakan yang biasa disantap dengan cara dikukus seperti pepes tahu, pepes telur asin, botok (makanan khas jawa), atau makanan pisang kukus.

Selain lezat, alami, cara masak dikukus juga lebih sehat karena tidak mengandung minyak goreng yang didalamnya terdapat kandungan lemak yang dapat mengakibatkan penyakit jantung, kolesterol dan lainnya.

2. Memasak Sayur


Memasak sayur seperti sayur asem, sayur bening, sayur sop, saur bayam dan lainnya tidak memerlukan minyak goreng. Banyak memakan sayur lebih sehat dibanding dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung minyak. Dan yang pasti tidak menggunakan minyak goreng sehingga lebih hemat.

3. Memasak dengan cara ditumis


Memasak dengan cara ditumis memang menggunakan minyak goreng namun sedikit saja, jadi bisa menghemat banyak penggunaan minyak goreng. Cukup tuang sedikit saja selebihnya tambahkan air dan bumbu-bumbu saja, masakan lebih sehat dan enak untuk disantap. Contohnya tumis kangkung, capcay, tumis brokoli, tumis sawi tauge, tumis kacang panjang dan lainnya.

Bahan utama dalam masakan tumis umumnya berbagai sayuran, seperti wortel, sawi, kangkung, tomat, dan lainnya sehingga lebih sehat, banyak mengandung vitamin, serat makanan, asam folat dan lainnya.


4. Cemilan Tanpa digoreng


Selain masakan untuk konsumsi makan besar, terkadang kita juga membutuhkan makanan cemilan untuk mengisi perut setelah makan besar. Sebelumnya bisa jadi terbiasa makan cemilan yang serba digoreng seperti aneka gorengan, pisang goreng, kerupuk, rangginang dan lainnya.

Untuk cemilan tanpa digoreng juga banyak yang bisa dipilih, selain menghemat penggunaan minyak goreng, cemilan tanpa digoreng ini juga enak dan sehat. Contohnya yaitu cemilan dikukus dan direbus. Ada banyak cemilan yang dikukus maupun direbus seperti jagun rebus, ubi, pisang, dan lainnya.

Nah itulah beberapa tips dan cara agar hemat menggunakan minyak goreng di saat harga minyak goreng sedang meroket. Namun tidak hanya saat harga sedang naik saja ya tips ini bisa digunakan seterusnya agar hidup lebih sehat dan seimbang, dan yang paling penting keuangan keluarga tetap terjaga.

Demikian artikel solusi cerdas emak-emak saat harga minyak goreng melambung tinggi. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.   

Post a Comment for "Tips Solusi Cerdas Ibu-ibu Saat Harga Minyak Goreng Naik "