Daftar 5 Antivirus Windows Gratis Ringan Terbaik Tahun 2019

Daftar 5 Antivirus Windows Gratis Ringan Terbaik Tahun 2019

Daftar 5 Antivirus Windows Gratis Ringan Terbaik Tahun 2019

antivirus terbaik 2019 gratis
Penggunaan antivirus pada perangkat komputer yang bersistem operasi Windows memang satu keharusan yang harus dilakukan oleh pengguna komputer. Sejak awal diciptakannya sistem operasi Windows, ancaman serangan virus komputer telah ada sampai sekarang. Pertumbuhan virus komputer apalagi dengan maraknya penggunaan internet yang membuka pintu akses masuknya virus malware, spyware, dan adsware dari website yang kita akses. Namun jangan khawatir, bagi anda pengguna sistem operasi Windows, kita dapat mencegah masuknya virus komputer dengan memasang software yang disebut antivirus atau program antivirus. Antivirus dibuat untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh aktivitas virus dengan cara menghapus virus dari komputer dan laptop, me-restore data yang terinfeksi virus komputer, membersihkan sistem windows dari penyusupan virus dan menjaga dari terinfeksi kembali serangan virus.

Virus dan antivirus ini berwujud software alias perangkat lunak, jadi virus komputer sendiri tidak ada fisiknya, namun oleh sistem operasi Windows akan terlihat apabila sistem operasi komputer anda terkena serangan virus komputer. Beberapa gejala yang dirasakan pengguna komputer apabila komputernya terkena serangan virus komputer yaitu :
  1. Proses loading sistem operasi melambat dibanding sebelum terkena infeksi virus komputer.
  2. Menjalankan aplikasi lebih lambat dari sebelum terkena serangan virus komputer.
  3. Adanya beberapa file atau data yang tidak dapat dibuka, padahal sebelum terkena serangan virus dapat dengan mudah dibuka.
  4. Munculnya nama-nama aplikasi yang aneh dan baru, padahal kita tidak pernah meng-instalnya.
  5. Munculnya nama duplikasi dari nama file dokumen, namun dengan ekstension file yang aneh misal nama folder namun jumlah byte nya ada padahal folder tidak memiliki size pada attribute filenya.
Apabila anda merasakan beberapa gejala di atas tadi, mulailah dari sekarang anda memasang antivirus pada komputer anda, atau apabila anda sudah memasangnya, coba untuk mengupdate antivirus tersebut, karena antivirus kalau tidak diupdate, tidak akan bisa mendeteksi virus terbaru yang mungkin bisa membahayakan komputer anda, jadi setelah memasang antivirus jangan lupa untuk terus mengupdatenya setiap waktu. Bagi yang memiliki akses online internet 24 jam ini tidak akan sulit karena saat ini rata-rata antivirus akan mengupdate secara otomatis dan mendownload data virus terbaru dari servernya apabila pengguna menseting auto update pada program antivirusnya.

Saat ini banyak tersedia program antivirus baik antivirus gratis maupun yang premium (berbayar). Antivirus gratis tidak memerlukan biaya namun beberapa fiturnya tidak selengkap yang premium (berbayar). Sedangkan antivirus premium biasanya free untuk waktu tertentu (masa trial), namun setelah masa trial habis kita harus membayar untuk penggunaan selanjutnya. Meskipun banyak tersedia antivirus di pasaran, namun kita harus memilih salah satu antivirus pilihan kita, karena kalau kita install banyak antivirus pada satu komputer akan memperlambat komputer, karena antivirus mempergunakan resources memori yang tidak sedikit. Coba pilih antivirus yang ringan dijalankan (low resources) namun efektif digunakan. Apabila anda mengalami kesulitan memilih antivirus terbaik, saya coba pilihkan 5 antivirus windows yang gratis ringan dan terbaik menurut pengalaman saya dan review dari beberapa website. Silahkan disimak di bawah ini :

Bitdefender Free Antivirus

bitdefender free antivirus

Antivirus yang berasal dari Romania ini populer digunakan karena ringan untuk dijalankan di berbagai versi windows. Saat ini Bitdefender menyediakan 2 macam lisensi yaitu lisensi gratis dan lisensi berbayar. Untuk antivirus gratis Bitdefender menyediakan fitur yang lengkap dan mumpuni untuk memproteksi komputer anda dari serangan virus. Fitur yang dapat anda nikmati yaitu remover segala virus trojan, ransomware, malware, adsware dan lainnya. Apabila anda intensif dalam berselancar di dunia maya jangan khawatir karena Bitdefender juga memiliki fitur melindungi akun-akun online, proteksi dari fraud, dan memonitor aplikasi-aplikasi sewaktu anda online di internet. Jadi cukup lengkap kan fiturnya.


Avast Free Antivirus

avast free antivirus

Avast free antivirus terhitung antivirus yang lumayan banyak penggunanya, tercatat sekitar 32 juta user telah mendownload Avast Free Antivirus pada tahun 2008. Antivirus yang berasal dari Republik Ceko ini memang memiliki fitur yang mumpuni sebagai antivirus gratis. Kemampuan avast dalam memulihkan file yang terinfeksi virus, menangani aktivitas spyware, malware dan adsware membuat banyak user menggunakannya. Selain itu Avast relatif tidak membuat komputer lambat karena hanya sedikit menggunakan memory resourcesnya.        


Avira Free Antivirus

avira free antivirus

Avira free antivirus merupakan antivirus yang saya gunakan sejak lama. Avira memiliki 2 macam lisensi yaitu lisensi gratis dan lisensi premium atau berbayar. Antivirus buatan Jerman ini sudah ada sejak tahun 1986 dan dikenal memiliki fitur yang lengkap meskipun berlisensi gratis. Fitur yang dimiliki avira diantaranya protection cloud untuk menganalisa file, mengawasi aktivitas browsing, menghapus virus-virus yang menyerang data maupun file program, spyware, malware, adsware dan lain-lain. Untuk mengupdatenya secara otomatis apabila terkoneksi ke internet. Satu hal kelemahan dari avira yaitu apabila mendownload offline installernya, filenya lumayan besar sekitar 400 mb an, apabila memiliki internet dengan kecepatan tinggi instalasi dapat dilakukan secara online (online installer)      

Kaspersky Free Antivirus

kaspersky free antivirus

Kaspersky termasuk antivirus yang sudah sejak lama ada. Antivirus buatan Rusia ini memang telah dikenal pengguna komputer dan laptop sebagai antivirus yang mumpuni dalam memperoteksi komputer dan laptop dari serangan virus terutama virus malware. Penggunaan antivirus ini juga tergolong mudah dan fiturnya untuk saat ini bisa dikatakan lengkap. Untuk mengupdate database virusnya relatif mudah karena dapat diseting schedule atau jadwal updatenya.   

AVG Free Antivirus

AVG free antivirus

AVG antivirus saat ini sudah diakuisisi oleh Avast, meskipun begitu kehadirannya tetap diminati oleh pengguna komputer dan laptop. Dengan fitur yang lengkap dan penggunaan sumber daya komputer yang ringan, antivirus AVG ini tetap memiliki pengguna yang setia.

Demikian Daftar 5 Antivirus Windows Gratis Ringan Terbaik Tahun 2018-2019, virus terbaru akan terus bermunculan, sebaiknya update antivirus anda sesering mungkin agar terhindar dari serangan virus komputer. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments