Tema Slogan Logo HUT Polri ke 76 tahun 2022 terbaru

Masdinko.com-Posting kali ini mengulas tentang Tema Slogan Logo HUT Polri ke 76 tahun 2022 terbaru. Seperti kita ketahui tanggal 1 Juli merupakan momen istimewa bagi  kepolisian karena pada setiap tanggal 1 Juli diperingati sebagai Hari Bhayangkara atau HUT POLRI. Dari berbagai sumber informasi Hari Bhayangkara ternyata bukan hari lahirnya atau berdirinya Kepolisian Republik Indonesia namun Hari Kepolisian Nasional berdasarkan Perpres Nomor 11 Tahun 1946 yang menyatukan kepolisian yang sebelumnya terpisah sebagai kepolisian daerah menjadi satu kesatuan secara nasional.

Kata Bhayangkara sendiri berasal dari sejarah zaman Majapahit dimana patih Gajah Mada membentuk pasukan pengamanan yang diberi nama Bhayangkara dengan tugas utamanya yaitu melindungi raja dan kerajaaan.

Secara histori pembentukan pasukan pengamanan telah dimulai sejak zaman penjajahan Belanda, dimana pada saat itu Belanda membentuk pasukan pengamanan yang berasal dari pribumi dengan tujuan untuk menjaga dan mengamankan aset kekayaan orang Eropa saat itu.

Pada zaman penjajahan Belanda ini  kepolisian terdiri dari beberapa bentuk kepolisian, seperti polisi lapangan, polisi kota, polisi pertanian, polisi pamong praja dan lainnya. Terdapat juga jabataan agen polisi saat itu seperti mantri polisi, asisten wedana, dan wedana polisi.

Kepolisian yang dibentuk pada zaman penjajahan Belanda ini merupakan cikal bakal terbentuknya Kepolisian Negara Republik Indonesia. Kemudian pada zaman penjajahan Jepang kepolisian juga terbagi menjadi beberapa wilayah seperti Kepolisian Jawa dan madura, Kepolisian Sumatera, Kepolisian Indonesia Timur dan Kepolisian Kalimantan.

Pada saat Jepang menyerah kepada sekutu, Jepang membubarkan semua pasukan bentukan Jepang seperti PETA dan Gyu-gun, namun kepolisian tetap bertugas bahkan pada saat Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Tema Slogan Logo HUT Polri ke 76 tahun 2022 terbaru

Kemudian setelah proklamasi kemerdekaan  Republik Indonesia  pada tanggal 19 Agustus 1945 Panitia Persiapan Kemerdekaan Republik Indonesia (PPKI) membentuk Badan Kepolisian Negara (BKN), dan pada tanggal 29 September 1945, RS Soekanto Tjokrodiatmodjo dilantik secara resmi oleh Presiden Soekarno menjadi Kepala Kepolisian Negara.

Pada awal pembentukan Kepala Kepolisian Negara, kepolisian berada di dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri yang bertanggung jawab terkait masalah administrasi dan masalah operasional bertanggung jawab kepada Jaksa Agung. Namun setelah keluarnya PP No. 11 Tahun 1946 tanggal  1 Juli 1946, kepolisian negara bertanggung jawab secara langsung kepada Presiden.  Tanggal 1 Juli inilah yang diperingati sebagai Hari Bhayangkara atau HUT Polri.

Pada peringatan HUT PORI atau Hari Bhayangkara ke 76 Tahun 2022, Kepolisian Republik Indonesia telah merilis logo HUT Bhayangkara ke 76 Tahun 2022. Tema Slogan Logo HUT Bhayangkara ke-76 Tahun 2022 yaitu PRESISI. PRESISI kepanjangan dari Prediktif Responsibilitas  Transparansi Berkeadilan. Itulah slogan hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022.

Tema Slogan dan Logo HUT Polri ke 76 tahun 2022 atau HUT Bhayangkara ke 76 tahun 2022 setiap tahun selalu dirilis oleh Divisi Humas Polri. Setiap tahun tema slogan dan logo HUT Polri 2022 berbeda dengan tahun sebelumnya, disesuaikan dengan cita-cita dan visi misi Polri serta situasi dan kondisi terkini di masyarakat. 

Teman slogan dan logo HUT Polri ini akan digunakan dalam berbagai media cetak seperti spanduk, baligo, pamflet dan lainnya serta diaplikasikan dalam bentuk konten digital di berbagai media sosial seperti instagram, facebook, website dan lainnya. 

Logo Hari Bhayangkara ke 76 tahun 2022 terbaru

Demikian informasi singkat mengenai sejarah peringatan Hari Bhayangkara dan logo terbaru Hari Bhayangkara ke 75 tahun 2021. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.             

Post a Comment for "Tema Slogan Logo HUT Polri ke 76 tahun 2022 terbaru "